Total Tayangan Halaman

Minggu, 19 Februari 2012

Ikhfa'


Kemarin sore (19/2) ketika mengaji qur’an dengan abah yai, kebetulan kami sedang mengkaji surat Al-Baqarah ayat 57 dan dalam ayat itu ternyata terdapat banyak sekali bacaan ikhfa’nya. Setelah setiap santri baik putra maupun putri di suruh membaca satu per satu abah pun menjelaskan kepada kami bahwa bacaan kami masih kurang sempurna. Kekurang sempurnaan kami ternyata ada pada bacaan ikhfa’ yang kami baca. Bacaan ikhfa’ ternyata memiliki 3 cara membaca yang berbeda ketika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf ikhfa’ tertentu. Berikut pembagiannya:

1.       Ikhfa’ Adna: apabila huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf qaf atau kaf. Maka cara membacanya adalah nun sukun atau tanwin tersebut berbunyi spt “ng”. contoh: Mingkum.
2.       Ikhfa’ A’la: apabila huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf tha’, dal,atau ta. Maka cara membacanya adalah seperti huruf “n”. contoh: Antum.
3.       Ikhfa’ Wasath: apabila huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf selain huruf-huruf yang telah di sebutkan diatas (qaf, kaf, tha’, dal,ta).maka cara membacanya adalah samar-samar dan mempersiapkan mengucapkan huruf berikutnya. Contoh: Angfusakum.
“tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurnya, yang ada hanyalah manusia seutuhnya. Dan cara menjadi seorang insane yang seutuhnya adalah seseorang yang selalu ingin belajar dan memperbaiki kesalahannya.”

2 komentar:

  1. monggo belajar lagi , jngan smpai apa yang dipubikasikan ternyata salah ,

    BalasHapus
  2. Your article is very interesting, thank you ..


    ST3 Telkom

    BalasHapus

ayo kasih komentar...