Total Tayangan Halaman

Minggu, 07 Januari 2018

Cara Tepat Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli

Beberapa waktu lalu muncul video menghebohkan yang memperlihatkan sekepal nasi dapat memantul berkali-kali ketika dijatuhkan. Nasi dalam video tersebut kemudian dicurigai berasal dari beras plastik. Masyarakat terutama ibu rumah tangga menjadi resah ketika sekepal nasi yang dijatuhkan tidak ambyar tetapi memantul.

Benarkah cara membedakan beras plastik dan beras asli dengan dijatuhkan seperti pada video tersebut? Bagaimana cara benar membedakannya? Berikut cara mudah membedakan beras plastik dan beras asli tanpa menjatuhkannya.

Titik Putih di Ujung Beras
Perhatikan titik putih yang ada di ujung beras asli. Titik putih yang ada di ujung beras asli tersebut menunjukkan adanya kandungan zat pati atau karbo dalam beras. Zat pati itulah yang memberikan rasa kenyang. Tetapi, kadang titk putih tersebut terlepas atau patah dalam proses pengolahan. Jadi, tidak adanya titik putih diujung beras bukan berarti menandakan bahwa beras itu adalah beras plastik. Kenali perbedaan beras plastik dan beras asli lainnya.

Guratan Bekas Sekam
Pada saat proses pemisahan padi dan sekam dengan menggunakan mesin, tentunya membuat kondisi beras menjadi tidak mulus lagi. Jika kita menemukan beras dalam kondisi mulus, tanpa guratan atau lengkungan, lurus sempurna, dan cenderung lebih bersih dapat dipastikan itu adalah beras palsu.

Jadi berhati-hatilah terkadang ketika membeli kita lebih tertarik pada beras yang terlihat lebih putih, lebih bersih, dan lonjong sempurna. Padahal bisa jadi beras itulah beras plastik yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Mencuci dengan Air
Baik beras plastik maupun beras asli, sama-sama tenggelam ketika dimasukkan dalam wadah berisi air. Lalu, bagaimana cara membedakannya? Tekstur beras asli yang dicuci dengan air cenderung menggumpal, sedangkan beras plastik tentu saja tidak memiliki ciri tersebut.

Warna air juga akan keruh jika itu merupakan air bekas cucian beras asli. Sedangkan pada beras plastik cenderung lebih bersih. Nah, bagaimana jika keduanya dicampur? Agaknya ciri terakhir inilah yang hanya dapat membedakan beras plastik dengan beras asli.

Olah Menjadi Bubur
Ambilah segenggam beras dan rebuslah dengan air hingga mendidih. Jika beras tersebut mudah lembek dan cepat menjadi bubur dapat dipastikan beras tersebut asli. Sebaliknya, jika beras tersebut masih mengeras atau bahkan muncul lapisan tebal di permukaan wadah, artinya anda perlu waspada bisa jadi beras yang anda konsumsi telah terkontaminasi dengan plastik. Anda juga dapat mengamati beras yang telah Anda rebus/tanak dalam dua hari. Jika dalam dua hari nasi telah basi dan muncul jamur, tentu itu adala beras asli.

Nah itu tadi adalah beberapa ciri dari beras plastik yang cara membedakannya tidak hanya dengan dijatuhkan. Semoga artikel ini membantu meredakan keresahan para ibu rumah tangga yang bingung membedakan beras asli dan beras plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo kasih komentar...